Asal Muasal Hilangnya Sinyal Indosat Kemarin


Sebagai pemakai Indosat, tentunya Kamis malam kemaren gue ikut bete gara-gara sinyal hilang. Tentunya aktivitas orang yang heavy online kayak gue jadi terganggu. Namun setelah gue banyak baca dan selidiki ternyata ada masalah di jaringan Indosat yang berasal dari masalah konflik IP di sistem global. Namun lewat tindakan cepat dari tim IT yang dimiliki Indosat, akhirnya masalah dapat diselesaikan dalam hitungan jam dan sekarang semua sistem telah kembali normal seperti sedia kala. Informasi mengenai ini bisa didapat di pengumuman resmi Indosat yang tercantum di www.indosat.com/kembalinormal

Ceritanya kejadian kemarin ternyata bermula dari error pada IP Router Table Indosat ke jaringan internasional sehingga menyebabkan benturan IP Address. Begitu menyadari terjadinya masalah ini, Indosat lalu bergerak cepat untuk memperbaiki masalah yang terjadi sehingga pengguna tidak dikorbankan berlama-lama. Terhadap kejadian ini, pihak Indosat sudah secara resmi meminta maaf pada penggunanya atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Berdasarkan informasi dari Ketua Bidang Sekuriti Jaringan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) Irvan Nasrun, kejadian ini terdeteksi oleh bgpmon (monitoring bgp/boarder gateway protocol) pada sekitar pukul 01.00 Kamis dini hari, sehingga mengakibatkan terjadinya kekacauan Internet Global di banyak negara. Beberapa negara terdeksi mengalami gangguan internet di antaranya Thailand, Amerika Serikat, Australia, Polandia, Kanada, dan Selandia Baru. Sedang perusahaan telekomunikasi dan internet di negara lain yang kena imbasnya adalah Telstra, AT&T, Hutchison, BTN, NTT Jepang, KDDI, Singtel, Level3, CableOne, dan Akamai. 

Kejadian yang terjadi di Indosat ini merupakan hal yang lumrah terjadi di jaringan internet global, karena kalau dipantau lewat bgpmon kejadian ini berlangsung setiap hari, bahkan minggu lalu terjadi hal yang sama di Turki di mana salah satu operator telekomunikasi memiliki konflik IP dengan DNS Server Google, dan OpenDNS yang berakibat query DNS ke arah DNS server mengalami kekacauan.


"Dengan kejadian ini otomatis terjadi pembelokan traffic, hal ini menyebabkan jaringan Indosat lumpuh karena dibanjiri trafik dan seluruh ISP yang menggunakan Indosat bermasalah. Baik itu jaringan Internet maupun seluler," tegas Irvan. Meski demikian dirinya yakin dalam waktu cepat Indosat sebagai perusahaan prestisius akan bisa segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

Pelanggan Indosat dapat memberikan keluhan mereka melalui beberapa saluran layanan untuk pelanggan antara lain untuk Layanan Selular di 111 dari nomor Matrix, - atau di - 100 dari nomor Mentari dan IM3, atau via twitter di @indosatcare atau email customer_service@indosat.com. Sedangkan untuk Layanan Korporasi, pelanggan dapat menghubungi 021-30008686 atau alamat email corporatesolution@indosat.com dan mobile.corporate@indosat.com

Enter your email address below:

Comments