You don't have to use Google to google!!!

Dunia internet yang demikian luasnya menyebabkan berjibun data tersimpan di dalamnya. Sekarang apa coba yang gak bisa diketemukan di dunia maya. Mulai dari foto telanjang, lagu bajakan, rahasia-rahasia, hingga informasi apapun bisa diketemukan, asal tahu bagaimana mencarinya. Untuk itulah diperlukan Search Engine, jasa layanan pencari informasi di Internet. Nama Google mungkin merupakan trademark search engine yang paling sering digunakan. Menyusul berikutnya Yahoo! Search dimana ternyata megasitus kayak Yahoo! memulai pertama kali bisnisnya dengan menawarkan Search Engine. Mesin Cari MSN yang sekarang bernama Windows Live juga tidak kalah keren mengingat nama besar MicroSoft Network yang digawangi Bill Gates tersebut. Namun sebenarnya ada banyak cara lain untuk mencari informasi di Internet. Berikut ini alternatif favorit Jed dalam melakukan pencarian:

1. Altavista (recommended to do Image Search)

Nama Altavista.Com sebenarnya sudah nama lama di dunia search engine, namun sudah lama dilupakan. Jed masih sering memakai Altavista terutama untuk mengadakan pencarian image. Pada saat pertama menggunakan akan digunakan moderate mode, namun bisa di setel off dengan menonaktifkan family filter sehingga tidak membatasi pencarian image. Pencarian image dengan Altavista juga lebih praktis dibanding Google. Coba sendiri deh dan lihat aksesabilitasnya. Menurut mereka, kelebihan Altavista terletak pada: Other notable AltaVista inventions include the first-ever multi-lingual search capability on the Internet and the first search technology to support Chinese, Japanese and Korean languages. We are proud of Babel Fish, the Web's first Internet machine translation service that can translate words, phrases or entire Web sites to and from English, Spanish, French, German, Portuguese, Italian and Russian.

2. Dogpile (recommended to do Audio Search)
Dogpile adalah penggabungan kekuatan Google, Yahoo, MSN, dan Ask.Com sekaligus. Ini sudah cukup untuk menjadikan Dogpile sebagai alternatif yang lebih baik. Mencari file audio seperti MP3 dan yang lain-lainnya juga lebih mudah, karena bisa langsung di download dari Dogpile tanpa perlu mengunjungi situs lokasi file tersebut. Tidak percaya? Coba aja sendiri dan rasakan bedanya. Menurut mereka, Dogpile is a metasearch engine, meaning that it gets results from multiple search engines and directories and then presents them combined to the user. Dogpile currently gets its results from Google, Yahoo, MSN Search, Ask , About, MIVA, LookSmart, and more.

3. Clusty (recommended to do Information Search)
Clusty.Com sudah lama menjadi favorit Jed untuk mencari informasi dalam bentuk apa pun. Dengan menggunakan Clusty, hasil pencarian akan disajikan dalam bentuk kelompok cluster-cluster sehingga akan lebih memudahkan pencarian informasi yang kita mau. Selain itu dengan clusty, kita juga dapat mencari data di wikipedia dan blog-blog. Mencari pekerjaan pun bisa dilakukan lewat Clusty. Singkatnya, Clusty adalah search engine komplet yang menyajikan apa yang tidak disajikan oleh search engine biasa dalam mencari informasi di dunia maya. Berikut kelebihan Clusty menurut mereka sendiri: But what really makes Clusty unique is what happens after you search. Instead of delivering millions of search results in one long list, our search engine groups similar results together into clusters. Clusters help you see your search results by topic so you can hone in on exactly what you’re looking for or discover unexpected relationships between items. When was the last time you went to the third or fourth page of the search results? Rather than scrolling through page after page, the clusters help you find results you may have missed or that were buried deep in the ranked list.

4. Infomine (recommended to do Academic Research)
Bagi yang sedang membuat skripsi atau thesis, atau yang sedang mengadakan penelitian akademis, Infomine adalah surganya. Beda dengan search engine biasa, Infomine mengkhususkan diri dalam bidang akademis di segala bidang. Berikut penjabaran Infomine: INFOMINE is a virtual library of Internet resources relevant to faculty, students, and research staff at the university level. It contains useful Internet resources such as databases, electronic journals, electronic books, bulletin boards, mailing lists, online library card catalogs, articles, directories of researchers, and many other types of information.

5. Search.Com (recommended to do software download search)
Search.Com adalah tempat terbaik bagi yang demen nyari download-an di Internet. Digawangi oleh CNET Networks yang selama ini terkenal untuk situs Download.Com -nya. Menurut mereka, Search.com searches Google, Ask.com, LookSmart and dozens of other leading search engines to bring you the best results. Search.com metasearch search engine - The only search you need.

6. ChaCha (Recommended for Lazy Persons)
Ada juga search engine bagi anda yang malas mencari. ChaCha memberikan anda kemudahan dengan menyediakan seorang human guide untuk mengadakan pencarian buat anda. Jadi anda tinggal masuk, chat sama guide tersebut, lalu guide itu akan mengadakan pencarian, sementara anda tinggal menunggu hasilnya ditemukan. Pada akhir sesi, anda harus memberikan rating bagi guide anda tersebut. Coba aja, mungkin saja anda mau menggoda si guide yang kebanyakan adalah bule. Menurut mereka sendiri ChaCha memiliki kelebihan pada human guide karena By searching with a Guide your query is sent to a real person who is skilled at finding information on the internet and knowledgable on the subject at hand so that you get the few exact results you want, not the millions of results you don't. ChaCha only provides quality, human approved results.
----------
So, udah banyak ide ya sekarang untuk mengadakan pencarian. Tolong kasih komen ya di bawah ini.

Comments

Theresia Maria said…
lengkap infonya, Jed. penting nih! aku sih biasa nyari di Google.
met wiken yach.
dung2x said…
Hahaha.. yg ChaCha menarik juga tuh.. hauhuaha...
Fida Abbott said…
Nah berarti sudah ketemu lagu-lagu yg sedang dicari Jed, ya.
William said…
keren keren ... banyak pilihan ya ternyata. happy new year juga jed.
lavender said…
kalo buat nyari jodoh pake yang mana duonks?? huahuahau...
Anonymous said…
wuah trnyata bnyk jugah jah, hbs selama ini cuman ngandelin om gugel ajah sj
Ancilla said…
waaaaaaaaaaaaah...
makasiiiiiiiiiii..
slama ini aku pake cuma yahoo.

entah kenapa lebih suka yahoo daripada google :p
Anonymous said…
wah, banyak yeh ternyata.. baru tau.. lucu" pula namanya.. hehe.. tp gw biasa pakenya yahoo seh .. kbiasaan gt..
Anonymous said…
wah thank banget nih infonya. kebetulan lagi nyari2 image yang gratisan nih.