Singapore, Here I Come?


Wah wah wah...
-
Akhirnya beres juga application gue. Sekarang gue tinggal nge-pos dokumen2 penunjang application dan juga meminta universitas S1 gue ngririm transkrip ke Singapore. Bagi yang belom tahu gue ngelamar program Graduate Scholarships for ASEAN nationals at National University of Singapore (NUS). Gue mao ambil Master of Arts di bidang Language Studies nerusin background pendidikan S1 gue di bidang Applied Linguistics, Language Pedagody, dengan sedikit tambahan English Literature. Ada kendala-kendala untuk bisa selesai, misal:
*
- Waktu gue tes TOEFL, gak tahu kalo cuma dapet personal report, dan report lain hanya pihak ETS-TOEFL yang berhak mengirim. Terpaksa deh, harus bayar lagi US$17 buat ngirim hasilnya dari New York ke NUS dan celakanya, orang yang minjemnin gue credit card pas pertama daftar TOEFL sebesar US$140 tidak mau lagi minjemin cc nya. Untung ada orang lain yang bersedia meminjamkan.
- Gue salah bikin Bankdraft. Maklum gue buta masalah ginian. Untung di lampung ada BII yang bisa melayani bankdraft. Namun jumlahnya kelebihan s$1.5 dari seharusnya S$30. Alamatnya pun juga salah. Tadi gue pikir bankdfrat itu kayak wesel pos, gak tahunya model cek gitu. Tapi gue gak edit lagi coz takut keluar biaya lebih. Semoga aja bisa kepake bankdraftnya.
- Translation problem. Di lampung gak ada authorized & Sworn Translator, jadi gue mesti kirim dokumen2 gue ke jakarta buat di translate sama yang berwenang. Apa boleh buat ijazah S1 gue kelupaan di tanslate sama tuh orang, ya kirim lagi, tunggu seminggu lagi. Total biaya buat translation Rp. 500.000,-
- Buat paspor... gue males ngeladenin orang imigrasi, so pake jasa calo. Selesai dalam seminggu dengan duit Rp. 500.000,-
- Transkrip belom beres. Administrasi memang menyebalkan. Untung dikirimnya terpisah.
- Barusan gue mendaftar dapat no urut 519. Batas akhir seh 15 january, banyak amit kali saingannya.
*
So guys, jujur gue pesimis apalagi saingan gue dari seantero ASEAN. Gue udah mulai discouraged ketika tahu TOEFL score gue cuma 243 dari 300. Untung gue masih diatas persyaratan. Tapi If God is willing, pasti ada miracle buat gue n gue bisa nyampe Singapore taon depan. Pengumuman hasil bulan Juni 2006 dan mulai kulia Agustus 2006. Masih lama ya.
*
PS: Awalnya gue mau lamar ke Nanyang Technological University (NTU) tapi mundur sejak gue tahu NUS juga bukaan, soalnya gak ada bidang gue di Nanyang. Thanks bagi yang dah banyak ngasih info seperti Sdri. Dian Lestari.

Comments

wah.... bawa oleh2 ga? sekarang pastinya udah balik dunk??

* siapa elu cha??!?!*

awkkakakakkakak