Memperkenalkan Bloglines (Feed Reader)


Sudah hampir setahun ini Jed menggunakan jasa Bloglines, tampaknya dah saatnya merekomendasikan ke teman-teman yang lain tentang manfaat menggunakan bloglines.

Yang namanya blogger salah satu hobinya selain nulis tentunya juga blogwalking, alias berkunjung ke blog-blog tetangga. Seringkali kita dah load blog tetangga, ternyata blom di update ama yang punya. Makanya Jed mencari cara gimana supaya tahu si blog dah di-update apa enggak dan cara paling gampang ialah dengan menggunakan bloglines.

Pertama-tama anda harus mengunjungi bloglines.com dan membuat akun di sana. Dengan menggunakan bloglines, anda bisa berlangganan RSS / Atom Feed dari sebuah blog atau situs berita. Cara mengenali RSS link ialah dengan mengklik lambang berwarna oranye yang bisa anda temukan di banyak blog dan situs seperti di bawah ini:


Lalu anda bisa berlangganan Feed tersebut dengan mendaftarkannya ke akun bloglines anda. Setelah mendaftarkan semua feed teman-teman anda atau situs berita yang anda sukai, maka anda bisa bersantai dan menggunakan waktu blogwalking dengan efisien. Di waktu anda ingin membaca blog temen-teman anda, anda tinggal pergi ke bloglines, di bagian feed akan ada 2 window, kiri dan kanan. Kiri untuk melihat sapa saja yang sudah melakukan update, kanan untuk membaca salinan dari blog tersebut. Kalau anda suka sama contentnya dan pengen kasih komentar, anda tinggal klik di link ke blog itu yang udah dipasang di judul bloglines.

Dengan menggunakan bloglines, anda bisa lebih efisien menggunakan waktu sambil tetap mengikuti perkembangan blog-blog favorit anda. Ayo mulai daftar bloglines di sini. Daftar feed langganan anda juga bisa dijadikan semacam blogroll oleh bloglines, seperti yang jed pasang di tab kanan blog ini.

Informasi tentang Bloglines dari mereka sendiri:


What is Bloglines?
Bloglines is a FREE online service that helps you subscribe to and manage lots of web information, such as news feeds, weblogs and audio. Bloglines tracks the information you're interested in, retrieves new stuff as it happens, and organizes everything for you on your own personal web news page.
How Does Bloglines Work?
Bloglines is a "news aggregator." Many online information sources, including web sites, weblogs and news services, now broadcast their content to the web in so-called "syndicated feeds" or "news feeds" with new technologies like Really Simple Syndication (RSS) and ATOM. News aggregator software and services collect those syndicated feeds and present them to end users in a variety of ways. Bloglines is a server-based aggregation system. This means that we run and manage all of the software and technologies necessary to collect the syndicated feeds from tens of millions of online information sources on our own computer servers and databases, and deliver that amazing content to you as a free, easy-to use online service. After you join Bloglines you simply search for the content you are interested in and identify the feeds you want to track. Once you "subscribe" to those feeds (a single-click maneuver in most cases), Bloglines will constantly check those feeds for changes or additions and direct new information onto your Bloglines personal page.
How is Bloglines different from other news readers and aggregators?
There are 4 ways we're different:
1. We're free. Others charge a one time or monthly fee.
2. We're a web-based service you can use from any computer or appliance with a web browser. Others are desktop-bound software applications.
3. Nobody offers all the features we do.
4. We were the first, we are the largest and fastest growing.
Untuk berlangganan Feed Blog punya Jed ini, anda tinggal klik link RSS blog ini, yaitu: http://feeds.feedburner.com/revolutia lalu di dari sana tinggal klik icon berikut: (harus bikin akun bloglines dulu tentunya) dan mulai menerima salinan setiap kali blog ini di-update.

Comments

Anonymous said…
haloo..duh,thank you buat infonya.. wah..kayaknya harus q coba nii..q emang bth biar bikin blogwalking q jadi lebih efisien..thanks jed! ^^
Anonymous said…
Suah bikin loh... baru coba2 n baru pemanasan. Kayanya mantab juga... tapi masih beta ya?
Bung Jed memang jago urusan ginian....
nie said…
kalo aku pake blogrolling, selain kasih link list, tp jg kasih tau kalo ada update :)
pyuriko said…
Aku sudah pasang google reader :D