03 February 2008

Tribute To Miss Patti


"You can't make me feel less than I am because whenever I get the microphone I'm gonna show you who I am." - Patti LaBelle


Sekarang gue mau nulis tribute untuk orang yang gue anggap sebagai The Diva's Diva, Patti LaBelle, yang dikenal publik sebagai The Amazing Voice of Philadelphia Soul.

Di usianya yang sudah mencapai 64 tahun pada tahun ini, dengan karir yang telah melebihi 4 dekade lamanya, Miss Patti masih menunjukan dirinya sebagai salah satu penyanyi terbaik yang masih hidup sekarang. Ketika bicara Soul, maka orang akan mengacu pada penghayatan dan teknik vokal. Jika jagoan penghayatan lagu dipegang oleh The Queen of Soul, Aretha Franklin, urusan teknik vokal serahkan saja pada Miss Patti. I love those two women.

Patti dikenal untuk teknik vocal belting (melebarkan suara untuk mendapatkan momentum di nada-nada tinggi) yang masih belum ada bandingannya hingga kini. Di saat penyanyi lain menghindari nada-nada tinggi, Patti juga memanfaatkannya untuk menyampaikan lagu ke level yang belum pernah dicapai sebelumnya oleh lagu lain. That's Soul. Simak saja lagu "Somewhere Over The Rainbow" yang dinyanyikan Patti membuat bulu kuduk merinding karena kita akan dibuat tidak percaya apa yang dapat diperbuatnya dengan lagu klasik itu dengan memainkan nada-nada yang ditakuti oleh penyanyi lain.

Jika banyak penyanyi lain terdengar lebih baik saat mereka rekaman karena dibantu segala alat canggih, Miss Patti memiliki reputasi sebagai penyanyi yang lebih bagus daripada yang direkam. Datang saja ke salah satu konsernya, maka anda akan melihat dia bernyanyi seperti orang kesetanan, dan siapapun yang mendengar akan mengakui kalau susah mencari penyanyi sekelas Patti LaBelle. Dia adalah Diva dari segala Diva musik.

Sepertinya tidak perlu lebih banyak komentar. Silahkan tonton sendiri dan terpesona.



No comments:

Post a Comment