01 March 2008

Change The World Via Blogging


Merubah dunia dengan ngeblog? Gile aje loe.

Ketika seorang teman bertanya kenapa gue demen blogging lagi belakangan, ya gue jawab kalo gue baru disadarkan bahwa dengan blogging kita bisa merubah dunia. Blogging adalah sebuah sarana bagus supaya suara anda-anda-anda yang tidak terkenal ini bisa dibaca oleh banyak orang di seluruh dunia dan membuat perubahan bagi beberapa orang. Gue dulu bingung kenapa pemerintah China dan Myanmar melarang warganya membuat blog, sekarang gue ngerti betapa ampuhnya blog menjadi corong kebebasan berpendapat.

Kita hidup di zaman dimana kita muak terhadap semua polished communication, di mana komunikasi bukan lagi digunakan untuk menolong orang lain, namun lebih untuk keuntungan manipulasi marketing. Di saat-saat seperti inilah kita capek mendengar pendapat orang terkenal (sang juru bicara) dan mulai memperhatikan pendapat mereka yang dikategorikan sebagai orang biasa-biasa saja.

Secara garis besar ada 2 tipe blogging, yaitu public dan private. Blog yang bersifat private tidak memiliki tujuan untuk dibaca khalayak ramai namun lebih untuk refleksi diri. Untuk blog seperti ini dibaca apa enggak gak penting, yang penting dah nulis semua uneg-uneg. Yang baca pun biasanya hanya kalangan terdekat. Sedang blog public emang dibuat untuk konsumsi umum. Semakin banyak yang baca maka akan semakin baik. Makanya bloggernya harus cara cara supaya blognya rame dikunjungi pengunjung.

Gue sendiri punya blog pribadi yang gue konci pake gembok (hanya yang gue kasih izin yang boleh baca) dan blog umum, yakni blog www.revolutia.org ini. Sengaja gue daftarin pake domain segala karena gue mao blog gue ini gampang diinget orang dan rame dikunjungi. Sengaja pula gue nyebar feed gue dan pasang bookmarking segala agar semakin banyak yang ikut baca. Sengaja juga gue memaksimalkan tulisan gue agar bisa dapat nilai lumayan di search engine macam google, yahoo, etc. Yang penting apa yang gue tulis dibaca banyak orang dan memberi dampak.

Gue juga berpendapat sebagai blogger kita juga harus menghormati karya cipta. Jangan ngeblog cuma copy paste atau membajak dari blog lain dan mengklaim sebagai tulisan bikinan sendiri cuma supaya kelihatan kalo kita demen nulis padahal mah gak isa nulis. Usahakanlah menghormati hak cipta orang lain dengan selalu mencantumkan sumber kalo anda mengutip tulisan orang.

Ayo pada semangat blogging dan merubah dunia ini dengan tulisan-tulisan anda.

1 comment:

elmo said...

ayoo! ^^

Post a Comment