18 April 2008

Kita & Inggris Raya

Siapa yang tidak tahu dengan kerajaan Inggris Raya? Ketika mendengar nama negara itu kita pasti akan mengasosiasikannya dengan beberapa hal yang berhubungan langsung dengan kehidupan kita di Indonesia. Apakah itu:
  1. Keluarga kerajaan Inggris mungkin adalah para bangsawan paling terkenal di dunia. Kita semua tahu bahwa Ratu Elizabeth II menikah dengan Pangeran Philip dan memiliki putra bernama Pangeran Charles yang dari pernikahannya dengan almarhumah Putri Diana (Lady Di) yang terkenal akan kebaikan hatinya memiliki 2 orang putra (yang sampai sekarang belum menikah dan jadi lelaki impian para gadis di Indonesia), yakni Pangeran William dan Pangeran Harry.
  2. Tidak bisa dipungkiri bahwa bangsa kita sangat menganggap penting Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Hanya Bahasa Inggrislah satu-satunya bahasa asing wajib dipelajari oleh semua siswa-siswi sekolah di Indonesia sehingga menjadi salah satu mata uji yang menentukan kelulusan seseorang dari bangku sekolah. Bagi banyak orang di Indonesia, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa ketiga sesudah bahasa Indonesia dan bahasa daerah.
  3. Harry Potter, The Lord of The Ring, The Chronicles of Narnia semua dibuat oleh penulis Inggris. Mereka sepertinya yang paling mengerti akan dunia fantasi kanak-kanak kita. Beatrix Potter (difilmkan dalam film Miss Potter), ratunya buku anak-anak, juga berasal dari Inggris. Masih ingat Alice's Adventure In Wonderland? Itu juga ditulis oleh seorang penulis Inggris bernamapena Lewis Carrol. Belum lagi Charles Dickens yang mengarang Oliver Twist, salah satu cerita anak paling terbaik yang pernah ditulis.
  4. Soal romantis mungkin kita juga harus kembali menengok ke Inggris Raya. Romeo and Juliet dibuat oleh seseorang dengan nama pena William Shakespeare. Nama-nama para pujangga paling terkenal di dunia juga didominasi orang Inggris seperti Keats, Shelley, Browning, Blake, Bryon, Wilde, dan lain-lain. Jangan lupa juga kedalaman emosi yang ada dalam cerita buatan Jane Austen (difilmkan dalam Becoming Jane) seperti Pride and Prejudice dan Persuasion.
  5. Sepakbola dimainkan pertama kali di Inggris sebelum sekarang menjadi olahraga nomor satu di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Kita sekarang menjadi penggemar berat klub-klub sepakbola Liga Inggris, seperti Manchester United, Liverpool, Chelsea, dan Arsenal. Sebut saja nama para idola baik remaja putra maupun putri seperti David Beckham, Michael Owen, atau Wayne Rooney.
  6. Soal musik pun kita berhutang banyak pada negara ini. Band terbesar di dunia yang pernah ada yakni The Beatles adalah asli Liverpool. Sebut saja nama Rolling Stones, Queen, Led Zeppelin, Elton John, Annie Lennox dan Sting. Mereka semua berasal dari Inggris Raya.
  7. Dalam hal ilmu pengetahuan pun kita banyak berhutang pada negara ini. Isaac Newton, ilmuan terbesar di dunia, adalah orang Inggris. Demikian juga Francis Bacon, Alexander Graham Bell, James Watt, dan Charles Darwin. Dalam bidang ilmu sosial pun, Inggris telah melahirkan banyak orang besar seperti John Locke, John Stuart Mill, Adam Smith dan John Maynard Keynes.
  8. Soal pendidikan pun Inggris Raya masih menjadi referensi. Universitas ternama seperti Oxford dan Cambridge telah menjadi tolak ukur standar pendidikan bagi seluruh dunia. Belum lagi British Council yang telah menjadi katalisator pendidikan di berbagai negara, termasuk di Indonesia.
Tidak terasa sudah 60 tahun British Council beroperasi di Indonesia dan telah memegang peranan kunci dalam dunia pendidikan di bangsa ini. Salah satunya sebagai lembaga yang memulai, membuka, dan menjadi sponsor utama Perpustakaan Pendidikan Nasional di Jakarta. British Council juga ada sebagai mediator bagi para anak bangsa yang ingin mengenyam pendidikan kelas dunia di Inggris Raya. Terima kasih British Council untuk semua yang telah kau beri untuk bangsa ini.

6 comments:

coni said...

Salam kenal ya... As I live in England now, memang benar Inggris punya nama. but i would venture to say that primary & secondary education, Indonesia jauh lebih bagus. Universitas memang Oxford & Cambridge terkenal. Sebetulnya pendidikan di Indonesia itu bagus sekali. sayang saja. medium of teaching nya bahasa Indonesia. Seandainya bahasa pengantar nya dalam bahasa Inggris. Indonesia pasti masuk hitungan yang terbaik di dunia.

-ian- said...

Hi Jed, lagi ikut lomba ya?

@Coni, mengapa Anda berargumen bahwa pendidikan primary dan secondary di Indonesia bagus? Saya rasa masih perlu banyak peningkatan di sana sini.

ika said...

wah iya juga sih ya,semua mua serba inggris,,bahasa dunia ya bahasa enggres, kalopun ada bahasa laen yang juga dijadiin bahasa dunia pun ga setenar dan seuniversal bahasa enggres.. soal pendidikan? hmm saya ga bisa komentar cuz lum pernah tinggal di UK jadi ga bisa bandingin,,hehe

joanne said...

coba kamu perhatikan,
bendera Inggrid mengandung gambar apa hayo?
gambar cross!!
ada artikel yg kubaca bilang, krn Inggris mengandalkan Tuhan, maka dia menjadi pusat segala2nya.

coni said...

tt pendidikan, kedalaman ilmu yang diajarkan di Indonesia, bagus sekali, terutama Math dan Science. Menurut saya, bahkan di primary dan secondary schools, ilmu yg diajarkan lebih bagus di Indonesia, Singapore dan India, dibandingkan Inggris. Tapi memang di Indonesia, kendalanya, itu bahasa, medium of teaching bukan Inggris. Juga tentunya fasilitas kurang, spt lab, komputer. etc. tp kalo soal kurikulum, menurut saya, Indonesia bagus sekali. Setiap tahun, kalau ada World Olimpiade, bidang Math & Science, Indonesia selalu ada menang. btw, ini berdasarkan pengamatan saya aja, anak saya yg menjalani pendidikan di 4 negara ini, memang dia bilang, sekolah di Inggris gampang sekali. gampang untuk dapat nilai A. Plg nggak untuk dia ya. :P

JED-ReVoLuTiA said...

Melalui informasi ini, kami medorong semua rekan untuk memberi komentar yang membangun terhadap postingan atau blog di atas, kemudian kirimkan komentar tersebut ke email kami bcnow60@britishcouncil.or.id disertai link ke blog yang bersangkutan.

Ada sebuah hadiah menarik berupa USB flash modem untuk satu pemberi komentar terbaik tiap periodenya; dan ‘kontes komentar’ ini kami buka sejak 14 hingga 23 Mei 2008.

Ayo segera berikan komentar-komentar terbaik kalian!!

-the bcnow60 team-

Post a Comment