08 April 2008

Making Sense With AdSense


Setelah pergulatan batin yang lumayan lama, akhirnya Jed memutuskan untuk ikutan Google AdSense juga. Seperti yang para pengunjung bisa lihat di sini, sudah ada iklan yang dipasang oleh Om Gugel di blog ini. Keputusan ini gue ambil setelah melihat rekan gue sesama blogger, Tukang Ketik, akhirnya memutuskan juga untuk ikutan partner bisnis dengan Google.

Apaan seh Google AdSense itu? Intinya sebenarnya kemitraan. Blogger membuat blog dan mengizinkan Google selaku agen pemasangan iklan untuk memasang iklan di blog tersebut. Blogger tentunya akan mendapat bayaran (yang gak banyak sebenarnya) pelan namun pasti.

Gue memutuskan untuk ikutan AdSense karena:
  1. Pasang iklan bukan berarti menjual. Iklan yang dipasang oleh Google adalah situs yang bayar ke Google dan kemudian Google bayar ke gue. Gue cuma membantu pihak pengiklan dengan memberikan space buat mereka. Lagian pihak AdSense akan menyesuaikan content iklan dengan isi dan materi blog gue dengan harapan mereka (dapat klik) dan gue (membantu pengunjung yang mungkin butuh informasi itu.
  2. Pasang iklan bukan berarti gue mengendorse apa yang diiklankan. Gue tidak diwajibkan setuju atau mendukung apa yang diiklankan karena gue gak memilih apa yang diiklankan. Gue cuma pasang iklan buat Google yang dipasangi iklan oleh pihak lain lagi. Gue akhirnya yakin kalo gue gak memiliki tanggungjawab apapun terhadap apa yang diiklankan. Gue cuma bertanggungjawab atas apa yang gue muat dalam postingan gue.
  3. Pasang iklan bukan berarti kebebasan ekspresi gue dikekang. Gue tetap sebel sama blogvertising dimana blogger beriklan lewat postingan yang mereka buat supaya dapat komisi duit tertentu. Gue menjaga supaya apa yang gue posting adalah murni pure pendapat gue dan bukan karena injeksi dari pihak lain. Gue gak mao kredibilitas gue sebagai blogger harus luntur gara-gara gue ngeblog cuma buat dapet duit. No Way. Setelah gue pikir-pikir, iklan oleh Google AdSense kayaknya emang gak masalah karena gak bakal ganggu postingan gue sama sekali. Lagian gue juga gak tahu apa yang diiklanin.
  4. Pasang Iklan bukan berarti gue menggunakan blog sebagai sarana cari duit. Gue tetep ngerasa kalo blog As Long As I Can Dream ini adalah rumah gue dimana gue bisa omong apa aja yang gue mao omong. Duit yang mungkin gue dapet dari AdSense kemungkinan cuma sebagai bonus gue aja setelah jerih lelah gue membuat blog gue jadi readable dan marketable.
Lagian gue lom tahu apakah blog gue cukup friendly buat dipasangin iklan apa enggak. Kalo gak ada yang klik iklannya juga gue gak dapet duit sepeserpun. Gue juga gak mao maksa-maksa orang buat ngeklik kalo mereka juga gak butuh mengklik. Cuma kalo ada yang mao say thanks ke gue atas info yang gue pasang di blog ini, ya silahkan saja klik salah satu iklan yang ada, tapi ini kan sifatnya sukarela.

Singkat cerita, gue gak berharap banyak seh, semua masih dalam tahap eksperimen karena gue sedang merencanakan membangun situs lain dimana gue akan purely cari duit dari situ. Blog ini akan tetap menjadi corong suara gue untuk menyuarakan apa yang gue mao katakan kepada pihak-pihak yang berminat mendengar.

1 comment:

Tukang Ketik said...

hehe... selamat2...
welcome to da club

tapi kenapa yah, 1 klik an cuma dihargai 0,01 dolar? kok dikit amat yah?
padahal, dulu pertama2 pasang di blog lain, 1 klik bisa dihargai 0,1 dollar?

why?

Post a Comment