16 April 2008

Memajang Backlink Di Blog Anda


Pertama-tama, apa itu backlink?

Backlink adalah link yang dipasang di situs atau blog lain yang mengarah ke situs atau blog yang anda miliki.

Kedua, mengapa backlink penting?

Backlink penting dalam menentukan peringkat atau ranking situs atau blog anda dalam mesin pencari seperti Google, Yahoo, dll. Semakin banyak link yang mengarah ke blog anda maka semakin tinggi juga peringkat blog anda pada mesin pencari, sehingga blog anda mendapat halaman utama atau peringkat utama ketika mesin pencari memberikan hasil pencarian. Di sisi lain, backlink dalam postingan blog lain juga akan menambah jumlah blog reaction kepada blog anda sehingga berpeluang menaikan ranking blog anda di Technorati. Intinya seh simpel aja, bukankah semakin banyak yang nge-link ke kita, semakin besar blog kita berpeluang untuk diakses lebih banyak orang?

Bagaimana caranya agar bisa mendapat backlink?

Anda memang bisa menaruh link anda di blog lain pada shoutboxnya namun itu tidak akan menambah pagerank anda. Anda juga meninggalkan alamat blog anda ketika memberikan komentar, namun beberapa blog menggunakan sistem 'no follow' (atau memilih untuk tidak mendaftarkan link anda ke mesin pencari) untuk mencegah aksi spambot di bagian komentar. Cara terbaik ialah ketika blog anda di-link oleh blog lain di dalam postingan mereka. Jadi bukan di blogrollnya (karena gak bakal ngaruh apa-apa kepada traffic dari search engine ke blog anda), namun di dalam postingannya. Anda bisa lakukan ini dengan cara langsung atau tidak langsung. Cara langsung ialah dengan memberitahu teman anda untuk selalu memberikan link blog anda ketika mereka menyebut nama anda dalam postingan mereka. Cara tidak langsung ialah dengan membuat tulisan yang semenarik atau sekontroversial mungkin sehingga akan banyak pembaca blog yang tertarik untuk membalas postingan anda (membuat trackback) dalam postingan blog mereka.

Bagaimana caranya mengetahui blog mana saja yang memberi link ke blog anda dalam postingan mereka?

Simpel sebenarnya. Tinggal pergi ke Google Blogsearch di alamat: http://blogsearch.google.com lalu masukan di box pencarian link:namablog.blogspot.com atau link:www.namablog.com di sana. Setelah itu anda bisa melihat langsung blog mana saja yang sudah memasang backlink ke alamat anda lewat postingan mereka.

Bagaimana caranya memajang backlink di sidebar blog?

Gampang juga. Jika anda perhatikan di sisi sidebar kiri bagian bawah dari Google Blogsearch ada terdapat link Atom dan RSS. Anda cukup meng-copy salah satu alamat mereka dan memasukkannya sebagai feed di sidebar blog anda. Jika anda belum tahu cara memasang feed, buka blogger anda, lalu di dashboard pilih layout blog anda. Nanti akan timbul skema blog anda yang bisa anda edit. Pilih add a new element. Lalu pilih Feed. Masukan alamat feed atom atau RSS dari hasil pencarian backlink anda tadi. Atur posisinya di sidebar. Lalu save. Sekarang backlink blog anda sudah terpajang di halaman utama.

Saya mau beri backlink buat Jed?

Memberikan backlink ke blog ini memberikan beberapa manfaat. Blog anda akan muncul di sidebar blog ini dan kemungkinan mendapat traffic tambahan karena blog ini dikunjungi minimal 40 orang setiap harinya. Silahkan saja kasih link ke aslongasicandream.blogspot.com atau www.revolutia.org di postingan blog anda. Sesudah anda publish, silahkan ping Google. Dalam hitungan menit, blog anda sudah tampak di sidebar blog ini. Gak percaya? ya coba aja.

4 comments:

pyuriko said...

Sama2 saling menguntungkan... tidak ada ruginya bertukar link ^_^

Wangbu said...

Hello! I am a blog fan from the Philippines. There are so many blogs in this world. I found your blog one of the most wonderful. I am happy to visit it.

Hans said...

uda dicoba loh....
keren yah...

Free Download Theme said...

posting yang bermanfaat mas bro..
terimakasih.

Post a Comment