06 April 2008

What is blog anyway?


Sekarang lagi dengerin dialog dengan miun, Radit kambing jantan dan mas wicak. Lagi bahas soal blog itu apaan seh. Radit bilang blog itu yah diari, si miun juga kurang lebih mengatakan yang sama. Okelah kalo blog itu bagian dari ekspresi diri sendiri, namun kalo gak ada efek apa-apa buat yang baca ya ngapain ngeblog? Mungkin cuma blogger bencong yang gak berani lontarkan kritik dan unek-unek yang emang perlu didenger oleh orang lain. Kalo penakut ya gak usah ngeblog kaleee...

Mas Wicak lebih fokus pada blog bagi masyarakat. Entah apa bedanya antara blog dan koran or situs-situs informasi lainnya. Kalo wartawan yang ngeblog (apalagi wartawan Tempo booo) yang gak ada bedanya antara ngeblog ama jurnalistik. Kalo tanya sama penulis diari or novel ya blog ya gak ada bedanyna ama umbar-umbar unek-unek pribadi (seolah-olah ada yang mao pedulikan).

Ngeblog mestinya adalah kegiatan menulis yang konstruktif. Kalo dulu buat nulis dan dibaca banyak orang perlu dapet akses dulu ke penerbit, sekarang dengan ngeblog bisa langsung publish tanpa perlu mekaniskme yang berbelit-belit.

Bagi gue seh ngeblog itu bertujuan untuk mengajukan pertanyaan. Seperti sekarang ini misalnya, gue bertanya: Kenapa koneksi masih ilang-ilang?

Perkembangan terbaru di sini ialah koneksi masih seperti hantu siang bolong, kadang nampak, kadang enggak. Jed masih bingung
Bagaimana caranya memeriksa 100 blog sekaligus dalam waktu singkat dan menentukan pemenang Live Blogging Competition? Entahlah. Bagaimana menulis entri blog sambil mendengarkan apa yang disampaikan di oleh para penyaji? Entahlah.

5 comments:

pyuriko said...

Buat gw, blog itu seperti catatan harian...

Tapi kembali lagi kepada individunya masing2,... mau dibuat apakah blognya itu...

Bijuk said...

buat gw blog itu opini gw :D

Fida Abbott said...

Thanks buat oleh-olehnya.

Udah ikutan isi petisi belum? Ditunggu support-nya. Thanks.

Jeffry Siregar said...

Hai Jed...
iya kita ketemu di BC Blogger Day
:-D

Bagas Iommi said...

mau nulis apaan aja di blog terserah .. ahahahahahahaha

Post a Comment