Bagaimana Memasang Recent Comments di Blogspot Anda


Suka dengan widget 'Recent Comments' yang biasa ditemui di blog-blog yang menggunakan engine Wordpress? Dengan widget ini kita bisa memajang apa saja komentar terbaru yang ada di blog kita sekaligus siapa yang kasih komentar. Banyak yang berpikir jika widget ini cuma bisa dipakai di blog berbasis wordpress, padahal sebenarnya gampang banget dipasang di blogger. Caranya? ikuti aja step-by-step berikut ini:
  1. Login menuju Dashboard blogger, lalu masuk ke bagian Layout.
  2. Pilih 'Add A Page Element' akan keluar sebuah pop-up window.
  3. Cari saja pilihan 'Feed: Add content from an RSS or Atom feed to your blog.' lalu klik di tombol 'Add to Blog'
  4. Pada kolom Feed URL masukan 'http://namabloganda.blogspot.com/feeds/comments/default' lalu klik 'Continue'. Jangan lupa mengganti namabloganda dengan subdomain blogspot anda.
  5. Ganti tulisan di kolom Title menjadi 'Recent Comments' , 'Komentar Terbaru", atau nama yang lain yang anda kehendaki.
  6. Anda bisa memilih berapa jumlah item komentar yang anda ingin tampilkan, minimal 1 dan maksimal 5 buah.
  7. Beri tik atau centang pada kotak 'item dates' jika mau menampilkan tanggal komentar dan pada kotak 'item sources/author' jika ingin menampilkan nama pemberi komentar.
  8. Kalau sudah selesai, klik 'Save Changes'
  9. Silahkan atur posisi widget 'Recent Comments' di layout sidebar anda, kemudian jangan lupa klik 'save'.
  10. Lihat hasilnya di halaman blog anda.
Jika anda ingin menampilkan juga 'Recent Posts' dari blog anda atau dari blog anda yang lain (jika anda punya lebih dari 1 buah blog) maka yang perlu anda lakukan ialah melakukan langkah-langkah sama seperti di atas, hanya saja yang beda Feed URL yang anda harus masukan ialah menjadi: 'http://namabloganda.blogspot.com/feeds/posts/default'. Gimana jelas? Gampang khan? Selamat mencoba dan jika ingin berterimakasih bisa dengan kasih backlink (menyebut nama blog ini [http://jed.revolutia.info]di postingan blog anda sambil memberikan link balik ke alamat blog ini) ke postingan ini atau dengan mengklik para sponsor yang terpajang. Terima kasih.

Comments

pyuriko said…
Meskipun sudah gak pakai blogspot, siapa tahu bisa buat ketok ular sama yang lain :D

Met wiken, Jed..
Anonymous said…
Sayangnya saya nggak pakai blogspot. Jadi nggak bisa pakai tipsnya. Btw, nice info.
Miss G said…
Thanks tips-nya, baru semalem dapet widget atau hacked (?) atau tweaked (?) dari lain tempat, ternyata bisa bikin sendiri ya? Hmm... makasiy makasiy niy, sangat berguna!