03 May 2008

Peran Serta British Council Dalam Memajukan Pendidikan Di Indonesia

Image Credit: Dreamstime

Masih dalam semangat Hari Pendidikan Nasional yang kita peringati kemaren, Jed mau menceritakan tentang beberapa karya nyata yang telah dibuat oleh British Council untuk ikut membantu memajukan sektor pendidikan di Indonesia. Bagi yang belum tahu, British Council adalah sebuah lembaga pendidikan yang dibentuk oleh pemerintah Kerajaan Inggris Raya yang bertujuan untuk mempererat kerjasama bidang pendidikan dan kebudayaan dengan negara-negara sahabat. Tidak terasa, sudah 60 tahun British Council aktif berperanserta dalam membantu sektor pendidikan di Indonesia, dimana salah satunya yang paling dikenal ialah dengan memfasilitasi para calon mahasiswa asal Indonesia yang hendak belajar di UK.

Menurut situs resmi mereka, sudah ada beberapa peran serta nyata British Council dalam membantu pendidikan di Indonesia, diantaranya:
  1. Mengadakan Basic Education Programme (BEP) di kabupaten Teluk Bintuni di Irian Jaya Barat. Kabupaten ini baru saja dibentuk selama 3 tahun akibat pemekaran dari kabupaten Manokwari. Dengan penduduk sebesar 40 ribu jiwa, populasi Bintuni adalah 60 persen penduduk asli suku Papua. Program ini bertujuan untuk membantu pertumbuhan sosial ekonomi warga dengan fokus utama meningkatkan partisipasi mengikuti pendidikan dasar dan meningkatkan hasil pembelajaran. Dana yang disalurkan ialah sebesar $ 1.4 juta untuk masa program 2006-2009. Ini adalah peran serta nyata untuk memajukan pembangunan melalui pendidikan di kawasan Timur Indonesia yang selama ini memang telah jauh tertinggal karena kurangnya perhatian dari pemerintah pusat di Jakarta.
  2. Melalui School Links, British Council telah membuat koneksi antara sekolah-sekolah di Indonesia dengan sekolah-sekolah di UK dengan tujuan untuk menambah dimensi internasional dalam proses pendidikan dan mendorong pengembangan profesionalitas. Kemitraan antar sekolah ini melibatkan seluruh elemen sekolah, mulai dari Kepala Sekolah hingga ke para siswa. Melalui School Links, sekolah-sekolah di Indonesia bisa berbagi dan belajar banyak hal mengenai metode pembelajaran dari mitra sekolah di UK melalui beragam fasilitas teknologi, seperti: video conferencing, email, sharing projects, dan lain-lain. Melalui situs bernama Global Gateway semua itu menjadi sangat amat mungkin. Bayangkan betapa bermanfaatnya program ini bagi sekolah-sekolah di Indonesia dimana mereka bisa terekspos pada pendidikan global.
  3. Program Cultural Exchange yang memfasilitasi dialog interkultural antar masyarakat global. British Council telah berkerjasama dengan Muhammadiyah dalam program ini dengan tujuan memberikan ekpos yang lebih besar pada masyarakat kita mengenai dialog antar keyakinan, pendidikan agama, dan multikulturalisme yang sedang berkembang saat ini di UK. Program ini telah berjalan dengan kunjungan 11 ketua DPW Muhammadiyah ke UK, yang dilanjutkan kemudian dengan kunjungan 10 rektor Universitas Muhammadiyah dan para pimpinan divisi kepemudaan dan kewanitaan Muhammadiyah ke UK. Muhammadiyah juga telah menerima beberapa kunjungan dari mitra Cultural Exchange dari UK di Indonesia. Program ini sangat penting dalam memajukan pendidikan mengingat Muhammadiyah selain sebagai lembaga keagamaan juga dikenal sebagai lembaga pendidikan.
  4. Kegiatan rutin yang diadakan British Council telah memberi manfaat kepada banyak warga Indonesia, misalnya:
Oleh karena itu kita harus bersyukur atas kerjasama yang telah terbina baik selama ini dan berharap pemerintah bisa terus meneruskan kerjasama ini ke masa depannya.

1 comment:

JED-ReVoLuTiA said...

Melalui informasi ini, kami medorong semua rekan untuk memberi komentar yang membangun terhadap postingan atau blog di atas, kemudian kirimkan komentar tersebut ke email kami bcnow60@britishcouncil.or.id disertai link ke blog yang bersangkutan.

Ada sebuah hadiah menarik berupa USB flash modem untuk satu pemberi komentar terbaik tiap periodenya; dan ‘kontes komentar’ ini kami buka sejak 14 hingga 23 Mei 2008.

Ayo segera berikan komentar-komentar terbaik kalian!!

-the bcnow60 team-

Post a Comment