Album Review: Betty Wright: The Movie

This soul veteran showed how real R&B should be done with her first album in 10 years. "The Movie" plays more like a lesson in music-making, celebrating classic soul with songs that are unapologetically "grown-folks music." Yet, she smartly utilizes The Roots, Snoop Dogg, Lil Wayne and other young stars (and even raps a little herself), hopefully showing that generation that great music doesn't have to be disposable – and can be timeless.
-- The Huffington Post 


Album Betty Wright: The Movie (rilis: November 2011) ini adalah album pertama dari legenda R&B Betty Wright setelah absen selama 10 tahun. Di album dimana Betty berkolaborasi dengan band The Roots ini bisa dikatakan hampir semua track di album ini adalah pure gold. Jed akan berikan 5 stars ke album ini dan banyak reviewers yang juga berpendapat sama. Semua tracknya relevan dengan perkembangan musik namun tetap stay true to the original Betty Wright style. Di album ini, selain dengan The Roots, Betty berkolaborasi dengan Joss Stone, Lil Wayne, Snoop Dog, dan Lenny Williams. Track favorit Jed dari album ini ialah "So Long, So Wrong" yang catchy dan tidak akan bosan didengar jutaan kali. Track favorit nomor dua ialah "Grape on A Vine" dimana Betty berkolaborasi dengan Lil Wayne. Track ini menunjukan kemampuan vokal Betty yang soulful dan tidak memudar terlepas dari usia. Lil Wayne menyumbang rap pada track ini yang nge-pas banget sama vokal Betty.

Betty Wright adalah penyanyi berusia 58 tahun yang sering dijuluki sebagai "The Godmother of Hip-Hop Soul" karena Betty termasuk orang pertama yang memadukan dan menciptakan Hip-Hop Soul. Menurut Jed, Betty Wright adalah salah satu the greatest singers alive pada masa ini. Betty memiliki vokal 4 oktaf dan terkenal dengan whistle register khas-nya. Selain menjadi penyanyi, produser, dan pemilik label rekaman, Betty juga merupakan vocal coach dan vocal producer dari banyak nama terkenal di dunia musik, diantaranya Jennifer Lopez dan Joss Stone. Hits Betty dari masa lalu diantaranya: "Clean Up Woman", "Tonight is The Night", "No Pain, No Gain", dan "After The Pain"

Berikut isi dari album Betty Wright: The Movie:


  1. Old Songs
  2. Real Woman (featuring Snoop Dogg)
  3. In the Middle of the Game (Don't Change the Play)
  4. Surrender 
  5. Grapes on a Vine (featuring Lil Wayne)
  6. Look Around (Be a Man) 
  7. Tonight Again
  8. Hollywould (featuring Robert "The Messenger" Bozeman)
  9. Whisper in the Wind (featuring Joss Stone) 
  10. Baby Come Back (featuring Lenny Williams)
  11. So Long, So Wrong 
  12. You and Me, Leroy 
  13. The One (Bonus Track)
  14. Go! (Bonus Track)


Menurut Betty, album ini diberi nama Betty Wright: The Movie karena semua lagu di album ini pantas menjadi soundtrack dari banyak film karena tema kehidupan yang universal yang diangkat. Salah satu track di album ini yang berjudul "Surrender" mendapatkan nominasi Grammy Award tahun 2012 dalam kategori "Best Traditional R&B Perfromance." Track lainnya yang direkam dan dirilis sebelum album ini berjudul "Go" mendapat nominasi Grammy untuk kategori yang sama tahun lalu. Betty Wright co-write semua lagu di album ini dan setiap ada jeritan nada luar biasa tinggi di album ini, itu dibuat oleh Betty sendiri.

Berikut lagu "So Long, So Wrong":



Berikut "Grapes on A Vine" bersama Lil Wayne:


Mau mendengarkan dan membeli seluruh album ini, silakan ke halaman ini.
Enter your email address:

Comments