27 December 2014

Tempat Wisata Murah Meriah di Hong Kong


Tulisan ini adalah sambungan dari tulisan pertama yang bisa dibaca di sini. Jangan ga baca ya.

Jika pada tulisan pertama, saya memberikan beberapa tips perjalanan hemat ke Hong Kong, maka pada bagian kedua ini, saya akan membahas beberapa tempat murah meriah yang dapat dikunjungi di Hong Kong. Saya membuat panduan ini untuk dapat ditempuh dalam waktu 3 hari.

Hari Pertama: Kawasan Kowloon


Kawasan Kowloon dikenal sebagai kawasan padat penduduk merupakan surga belanja dan lokasi banyak penginapan murah meriah. Namun di kawasan ini juga ada terdapat banyak museum murah meriah yang akan membuat kita semakin mengenal sisi sejarah dan budaya Hong Kong. Kita bisa membeli tiket rentengan Museum Pass seharga HK$ 30 (sekitar 45 ribu rupiah) dan kita bisa menggunakannya untuk masuk gratis ke semua museum di Hong Kong berkali-kali selama 1 minggu. Dari pengalaman saya, museum di Hong Kong memiliki kelas tersendiri dan tidak membosankan karena dilengkapi dengan bioskop mini hingga game machine interaktif.
  1. Kita bisa memulai perjalanan di pagi hari dengan mengunjungi Hong Kong Museum of History yang terletak di 100 Chatham Road South, Tsim Sha Tsui East, Kowloon. Cara mudah mengunjungi museum sejarah Hong Kong ini ialah dengan mengambil Exit P2 dari stasiun MTR East Tsim Tsa Shui. Museum ini dibuka mulai pukul 10 pagi dan buka setiap hari kecuali hari Selasa.
  2. Bersebelahan dengan Hong Kong Museum of History, terdapat Hong Kong Science History. Tentunya jangan sampai dilewatkan. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Kamis.
  3. Perjalanan bisa dilanjutkan menuju Kowloon Park dari Exit A1 stasiun MTR Tsim Sha Shui. Taman ini bukan hanya gratis namun asri dan memiliki segudang tempat bersantai dan juga tempat bermain anak-anak. Jangan lupa mengunjungi Chinese Garden dan mencoba mencari jalan keluar di Maze. Jika berkunjung pada hari Minggu antara jam 2:30 hingga 4:30, bisa menonton juga pertunjukan kung fu dan barongsai di bagian Sculpture Walk taman ini. Informasi lengkap mengenai Kowloon Park bisa diakses di sini.
  4. Berlokasi juga di Kowloon Park, Anda bisa mengunjungi museum mini Hong Kong Heritage Discovery Centre yang berisi relik-relik bersejarah. Museum ini gratis dan bukan setiap hari kecuali Kamis.
  5. Setelah menikmati sejarah dan sains, kini saatnya menikmati kesenian. Dari Kowloon Park, Anda tinggal melurusuri deretan pencakar langit di Tsim Sha Tsui untuk menuju Hong Kong Museum of Art yang terletak tidak jauh dari pelabuhan. Museum ini tutup pukul 6 sore dan buka setiap hari kecuali hari Kamis.
  6. Sangatlah mudah mengenai Hong Kong Space Museum karena bentuk bangunannya yang berupa kubah planetarium raksasa yang berjarak sangat amat dekat dari Hong Kong Art Museum. Museum ini tutup jam 9 malam dan buka setiap hari kecuali hari Selasa.
  7. Keluar dari Hong Kong Space Museum, Anda bisa menelusuri sepanjang jalan pesisir yang disebut Avenue of Stars. Selain ada walk of fame para tokoh-tokoh film Hong Kong, tentunya pemandangan malam menatap pulau Hong Kong dari Kowloon adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan karena semua turis yang ke Hong Kong harus ke sini. Setiap jam 8 malam, Anda bisa menyaksikan A Symphony of Lights, yakni pertunjukan cahaya dari gedung-gedung pencakar langit di pulau Hong Kong. Nyesel banget kalau tidak menyaksikan. Kesini gratis lagi. Kalau mau lebih asyik, bisa naik ferry dari Kowloon ke Hong Kong.
Hari Kedua: Kawasan New Territories


Kawasan New Territories adalah wilayah yang dahulunya bukan merupakan bagian dari Hong Kong namun akhirnya menjadi digabungkan.
  1. Pagi hari, naik kereta dan keluar di Exit C2 dari stasiun MTR Diamond Hill. Berjalan kaki tidak begitu jauh, Anda sudah akan menemukan Nan Lian Garden, sebuah taman di tengah kota dengan arsitektur Tiongkok kuno. Tempat ini gratis dan sangat cocok buat foto-foto.
  2. Bersebrangan dari Nan Lian Garden, Anda akan menemukan Chi Lin Nunnery, sebuah kuil Buddha bergaya Tiongkok kuno. Bersantai sejenak di sini menikmati suasana batin.
  3. Naik kereta lagi, keluar di Exit A stasiun MTR Che Kung, Anda akan sampai pada Hong Kong Heritage Museum. Jangan lewatkan pameran Bruce Lee di sini. Museum ini buka setiap hari kecuali hari Selasa.
  4. Keluar dari Hong Kong Heritage Museum, Anda tinggal ikuti petunjuk jalan menuju New Town Plaza, sebuah mal. Naik ke lantai 3 mal tersebut, Anda bisa mengunjungi Snoopy's World, sebuah playground dari karakter-karakter komik Peanuts. Gratis lagi.
  5. Keluar dari New Town Plaza, Anda bisa menyusuri jalan menuju Grand Central Plaza dan Sha Tin Government Offices lalu kemudian berbelok ke arah jalan Sheung Wo Che. Di ujung jalan, Anda akan menemukan petunjuk jalan menuju Ten Thousand Buddhas Monastery. Setelah mendaki, Anda akan dipuaskan dengan kuil dan ribuan patung Buddha. Tempat ini gratis untuk dikunjungi namun ada ratusan tangga yang harus didaki. Jika masih ada waktu, di perjalanan pulang bisa mampir ke Po Fook Ancestral Hall.
  6. Kembali ke arah New Town Plaza, tidak jauh dari sana ada Sha Tin Town Hall dan di antara kedua tempat tersebut ada City Art Square. Silakan foto-foto disini. Gratis koq.
  7. Masuk kembali ke New Town Plaza, di dalam mal kita bisa menemukan stasiun kereta MTR Sha Tin. Dari sana turun di stasiun Mong Kok. Jalan kaki tidak begitu jauh, Anda bisa berbelanja ria di Ladies Market. Boleh nawar dong.
Hari Ketiga: Pulau Hong Kong (menyusul)


Enter your email address below:

No comments:

Post a Comment