04 April 2007

The 60-Second Shrink


Bulan ini Jed mau membahas buku berjudul The 60-second Shrink: 101 Strategies for Staying Sane in a Crazy World karangan Arnold A. Lazarus, Ph.D dan Clifford N. Lazarus, Ph.D. Buku ini berisi jawaban 60 detik bagi 101 pertanyaan yang sering ditanyakan kepada para psikolog. Bagi Jed buku ini sangat praktis dan mudah dicerna, sehingga bisa menjadi koleksi Self-Help yang bagus. Berikut satu bagian pelajaran tentang komunikasi yang efektif.

Komunikasi adalah suatu proses ekspresi, penyampaian, dan penerimaan pesan. Kegagalan untuk berkomunikasi secara efektif dapat menimbulkan masalah pada salah satu atau kedua proses tersebut.

Penyampaian komunikasi yang efektif dapat seringkali tercapai dengan mengacu pada sedikit petunjuk penting berikut:
* Pastikan bahwa Anda peduli terhadap orang yang Anda ajak berkomunikasi dengan cara yang membangun dan mempertahankan kontak mata.
* Cobalah untuk mengirim pesan yang jelas dan selaras antara bahasa verbal dan bahasa nonverbal.
* Katakan apa yang Anda maksudkan dan bersungguh-sungguhlah dengan apa yang Anda katakan. Usahakan berbicara dengan lugas dan jujur, jangan berputar-putar atau berpura-pura.
* Mintalah masukan untuk meyakinkan bahwa pesan yang Anda sampaikan telah diterima secara akurat.

Penerimaan komunikasi yang efektif didasarkan pada keterampilan mendengarkan yang efektif:
* Hadapi si penyampai pesan dan pertahankan kontak mata.
* Mengangguk, tersenyum, atau sesekali menyampaikan persetujuan atau respons lain yang menujukkan pada si penyampai pesan bahwa Anda sedang memperhatikannya.
* Tunggulah sampai si penyampai pesan selesai berbicara tanpa menginterupsinya dengan mengemukakan pemikiran Anda sendiri.
* Jika Anda tidak yakin memahami pesan yang disampaikan, bertanyalah dan minta penjelasan.
* Ungkapkan apa yang Anda dengar sehingga si penyampai pesan yakin bahwa Anda menangkap ide yang sebenarnya.

Dengan mengikuti petunjuk sederhana ini, Anda dapat meningkatkan keterampilan komunikasi yang Anda miliki, mendukung saling pengertian yang lebih baik dalam menjalin hubungan, dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

6 comments:

IndraSaree said...

Hi Jed!

Omong2, bukannya buku seperti itu udah banyak? But ngga boleh juga si, kalo ternyata membantu hubungan kita dengan orang lain.

GBU! ;)

Septian said...

rumah blognya baru ya Jed
makasih infonya

dung2x said...

Selain komunikasi ada topik apalagi?

Tp aneh juga ya buku psikologi kok tp ada topik ttg komunikasi yah?

IndraSaree said...

Sorry, kayaknya komen saya di atas ada salah ketik, deh. bukan "ngga boleh", melainkan saya maksud "boleh" hehe.. (ngga penting juga, kali, ya? :p)

Nunung said...

Betul Jed...emang begitu sopan-santunnya berkomunikasi...

Luigi said...

I agree with you totally... :)

Post a Comment